Positive Energy

KEMURNIAN SUATU KONTRIBUSI

Posted by Onggy Hianata

Apa itu berkontribusi?
Kenapa Anda berkontribusi?
Apakah Anda berkontribusi untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari orang lain?
Apa motif anda berkontribusi?

Pada dasarnya kita tidak berhak menghakimi niat orang yang mau melakukan kontribusi. Yang benar-benar mengerti niat atau motif orang melakukan kontribusi hanyalah dirinya dan Tuhan.

Dalam buku karangan John C. Maxwell yang berjudul The 15 Invaluable Laws of Growth, salah satunya adalah the law of contribution.

Pada tanggal 22 -23 Juli 2017, John C. Maxwell mengadakan training di Atlanta USA. Di acara ini John C. Maxwell memilih beberapa leader dari beberapa negara untuk mengisi dan juga merekam pandangan mereka mengenai materi-materi yang ada di buku The 15 Laws of Growth. Saya merasa terhormat karena terpilih menjadi salah satu yang memberikan pandangan diantara mereka.

Pada saat panitia meminta saya memilih satu dari 15 laws, pada awalnya saya masih bingung memilih yang mana, karena semua laws bagus. Tetapi setelah membaca dan mempelajari materinya lebih dalam, akhirnya saya memilih 'The Law of Contribution'.

Di acara itu John C. Maxwell juga mengupas setiap law yang ada di buku tersebut. Dari semua materi itu hanya di bagian The law of contribution, beliau tidak bisa menahan air matanya. Pada saat itu secara hati nurani, saya ter-'connect' dengan perasaan yang beliau rasakan. Saya benar-benar dapat memahami mengapa beliau meneteskan airmata.
Beliau mengaku bahwa pada awalnya beliau hanya fokus pada dirinya sendiri, seperti yang beliau tulis dibawah ini:

"I must confess that in the beginning my motivation for personal growth was selfish. I wanted to grow so I can be succesful. There were goals I wanted to accomplish and milistones I wanted to achieve. But along the way I made a life changing discovery. My progress in personal growth also opened the doors for others. It made it possible for me to make a contribution to them. It led us not just to the achievement of success but to work of significance. Out of what I had received in my development, I was also able to give. The confident I gain from personal growth, give me credibility and made me believe I could start developing others. I found life's greatest joy and reward".

Saya yakin hampir semua orang memulai mengejar goal atau dream mereka pada awalnya seperti John C. Maxwell yaitu selfish goal atau dream pribadi. Itu sangat manusiawi. Hal serupa juga terjadi pada saya. Tapi dengan berjalannya waktu, saya merasakan kenikmatan pada saat saya bisa memberi baik materi maupun non-materi.

Memberi tanpa pamrih adalah kenikmatan yang tak terhingga.

SELAMAT BERKONTRIBUSI!

ARTIKEL TERKAIT

Positive Energy

KEMURNIAN SUATU KONTRIBUSI

Lihat Selengkapnya